Senin, 08 Juni 2009

Tips Menjaga tekanan Darah agar Tetap Normal

Tps - tips menjaga tekanan darah agar tetap normal, antara lain :
  1. Periksa Tekanan Darah secara Rutin :
    Hal ini untuk mengetahui seberapa tekanan darah yang di miliki secara rutin. Bila anda sudah terkena hipertensi, maka sebaiknya membeli alat untuk memonitor tekanan darah / tensi , sehingga apabila tekanan darah naik dan membahayakan bisa lakukan pemeriksaan dan perawatan medis sedini mungkin.

  2. Memulai program olah raga untuk menurunkan berat badan :
    Mulailah berolah raga secara rutin. Tujuannya untuk menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi, setiap penurunan berat 1/2 kg, dapat menurunkan tekanan darah 2 mmHg, tidak perlu harus berolah raga yang berat-berat, olah raga ringan tetapi rutin, seperti jalan kaki, jogging, aerobik, renang dan bersepeda.

  3. Kurangi makanan yang asin / megandung garam :
    Diet Rendah Garam inilah yang harus di perhatikan bagi penderiata Hipertensi. Karena garam termasuk salah satu makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah, Makanan apa saja yang harus di hindari dan makanan apa saja yang dianjurkan, dengan pola diet yang baik bisa menstabilkan tekanan darah dalam batas normal.

  4. Minum Obat Hipertensi :
    Minum obat secara teratur, dan periksa ke dokter kembali bila obat habis. Sebab kalau berhenti minum obat, tekanan darah bisa naik lebih tinggi dari pada awalnya.

  5. Hindari konsumsi alkohol :
    Alkohol berpengaruh terhadap kenaikan tekanan darah.

  6. Stop merokok :
    Merokok adalah pantangan paling utama untuk penderita hipertensi, karena nikotin
    yang terkandung dalam rokok dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah juga
    meningkatkan resiko untuk terkena stroke.

  7. Minyak tak jenuh ganda :
    Beralih ke minyak tak jenuh dapat mengurangi tekanan darah sampai 10 mmHg.

  8. Hindari faktor stress :
    Belajar menghadapi permasalahan dengan senyuman, jangan terlalu di pikirkan, selesaikan permasalahan dengan serius tapi santai, teradang pikiran dapat memicu terjadinya kenaikan tekanan darah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar