Senin, 15 Februari 2010

Iskemik Optik Neuropati Akut

Defenisi
Penyumbatan pembuluh darah yang memberi darah bagian depan saraf optic yaitu arteri siliaris post.brevis/cabang-cabangnya, dimana penyumbatanya disebabkan oleh thrombus /emboli.
 Berdasarkan penyebabnya dibedakan atas 2 jenis :
1. Non Arteritik Anterior Iskemik Optik Neuropati dengan Hipertensi
2. Arteritik Anterior Iskemik Optik Neuropati disebabkan giant cell arteritis

Epidemiologi
- Terjadinya pada satu mata atau kedua mata sekaligus
- Non Arteritik Usia 40-60 tahun
- Arteritik atau causa giant cell usia lebih lanjut / 55 tahun

Etiologi
Penyumbatan karena emboli/thrombus
1. Non Arteritik, kelainan jantung dan ritme jantung, diabetes mellitus, hipertensi
2. Arteritik, giant cell arteritis

Gejala Klinik
- Tajam penglihatan yang turun mendadak disertai dengan skotoma ( defek lap. Pandang) sesuai dengan gambaran serat saraf retina / kadang-kadang altitudinal.
- Bila disertai nyeri atau nyeri tekan kulit kepala maka diagnosis arteritis sel raksasa.
- Serangan-serangan gelap yang berlangsung beberapa detik atau menit yang kemudian kembali menjadi normal (Amaurosis Fugaks).
- Lempeng optik yang membengkak & mengalami perdarahan dengan retina & pembuluh darah retina normal. Pada ION arteritis, lempeng dapat terlihat pucat.
- Lempeng pada mata kontralateral memiliki mangkuk optik yang kecil pada penyakit nonarteritis.
- Pada arteritis biasanya selalu didahului oleh demam & rasa sakit kepala yang sangat, lemah badan, disertai mialgia otot-otot, seperti: otot bahu,leher serta tungkai atas .
- Pada pemeriksaan didapatkan edema papil saraf optik yang sekoral/tidak menyeluruh, pada keadaan lanjut papil menjadi pucat & edema berkurang.

Arteritis Sel Raksasa
Merupakan penyakit autoimun yang timbul pada pasien yang umumnya berusia lebih dari 60 thn. Penyakit ini mengenai arteri dengan lamina elastika interna. Dapat timbul dengan kombinasi.
• Kehilangan penglihatan mendadak
• Nyeri tekan kulit kepla(mis.saat menyisisr)
• Nyeri ketika mengunyah(klaudikatio rahang)
• Nyeri di bahu
• Malaise

Pemeriksaan Penunjang
Jika didapat kan arteritis sel raksasa,Biopsi arteri temporal sering membantu namun mungkun tidak dapat mengarahkan diagnossis, twerutama jika hanya speimen kecil yg diperiksa karena penyakit ini dapat melewati sauatu bag.arteri. arteritis sel raksasa juga dapat timbul sebagai oklusi sental di mana pembuluh darah terkena secara sekunder akibat arteritik pada arteri oftalmika.
Pemeriksaan penunjang pasien dengan neuropati optik iskemik nonarteritis termasuk : - hitung darah lengkap untuk menyingkirkan anemia.
- Pemeriksaan tekanan darah
- Pemerisaan gula darah
- Led dan protein reaktif-C untuk memeriksa arteritis sel raksasa.
Terapi
Pada jenis non arteritik pengobatan ditujikan terhadap faktor dasar dan faktor pencetusnya kadang-kadang ditemukan adanya perdarahan peripapil tapi tidak pernah dikemukakan adanya eksudat pada retina, jenis arteritis diberi kortikosteroid dosis tinggi.

Prognosis
Penglihatan jarang memburuk secara progresif pada neuropati optik iskemik nonarteritis dan keluaran penglihatan dalam hal lapang pandang serta tajam penglihatan sangat bervariasi. Penglihatan tidak kembali pulih bila telah hilang. Mata kontralateral dapat terlibat dengan cepat pada pasien dengan arteritis sel raksasa yang tidak diterapi. Selain itu juga terdapat keterlibatan mata kontralateralyang bermakna pada bentuk nonarteritis (40-50%).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar