Minggu, 29 Mei 2011

CARA UNTUK MENGURANGI NYERI PERSALINAN

Nyeri pada saat melahirkan memiliki derajat yang paling tinggi diantara rasa nyeri yang lain seperti patah tulang atau sakit gigi. Banyak perempuan yang belum siap memiliki anak karena membayangkan rasa sakit yang akan dialami saat melahirkan nanti.

Namun, kini ada beberapa alternatif yang bisa dipilih untuk mengurangi rasa nyeri yang datang saat akan melahirkan. Alternatif tersebut bisa berupa hipnoterapi dan dengan teknik akupuntur.

Hipnoterapi

Sebagai makhluk rohani manusia mempunyai jiwa dengan tenaga bawah sadar dan raga dengan tenaga sadar. “Jika ibu hamil berpikir bahwa hamil adalah pengorbanan dan menderita maka penderitaanlah yang didapat, jika berpikir bahwa persalinan itu adalah sakit maka kesakitan yang diperoleh. Jadi you are what you think,” ujar dr. Tubagus Erwin Kusuma, SpKJ(K), pada acara ‘Persalinan Tanpa Nyeri Persalinan Nyaman’, di Aula FK-UI, Jakarta.

Setelah kehamilan melampaui empat bulan, bayi dalam kandungan bisa berkomunikasi dengan ibunya dan ini bisa dilatih dengan hipnosis. Hipnoterapi ini juga membuat ibu merasakan relaksasi. Menurut dr. Tubagus Erwin, sebaiknya ibu yang hamil sebelum melahirkan sudah melakukan hipnoterapi sebanyak 3 kali.

“Hipnoterapi ini bisa mengurangi rasa nyeri saat persalinan hingga 100 persen jika tidak ada sel yang rusak, namun jika ada sel yang rusak maka sebaiknya diperbaiki dahulu dengan mengonsumsi makanan yang bisa memperbaiki sel rusak tersebut,” ujarnya.

Selain untuk mengurangi rasa nyeri, hipnoterapi juga bisa menjadai alat komunikasi antara ibu dan anak melalui alam bawah sadar yang nantinya akan membuat hubungan ibu dan bayinya menjadi lebih dekat.

Teknik Akupuntur

Saat ini akupuntur ternyata juga bisa mengurangi rasa nyeri saat persalinan.

“Akupuntur pada persalinan bertujuan untuk mengurangi nyeri yang dikenal dengan akupuntur analgesia, yaitu cara analgesik dan pengaturan fungsi fisiologik tubuh manusia dengan penusukan jarum,” ujar dr. Shinta Sukandar, SpAK, MM.

Untuk mengurangi nyeri persalinan, sebaiknya akupuntur mulai diberikan pada akhir trimester ketiga, tujuannya untuk mempersiapkan tubuh sang ibu dalam menghadapi persalinan, dengan penekanan mempersiapkan leher rahim dan tulang panggul, sehingga bisa memperpendek waktu persalinan dan mencegah pendarahan berlebih.

Menurut dr. Shinta syarat untuk melakukan akupuntur adalah pasien sudah atau lebih dari 37 minggu, persalinan diduga normal, tekanan darah normal, bayi presentasi kepala, dan pasien dalam keadaan inpartu pembukaan leher rahim 4 cm atau lebih.

Prosesnya dilakukan tindakan antiseptik pada titik yang akan ditusuk lalu jarum ditusukkan dengan sudut 45 derajat dan jarum direkatkan ke kulit, serta bisa juga diberi simulasi listrik dengan daya yang kecil. Biasanya titik-titik tersebut berada di perut dan bokong.

“Rasa nyeri saat persalinan dengan menggunakan teknik akupuntur bisa berkurang hingga 78 persen,” tambahnya.

Jadi, rasa nyeri pada saat melahirkan bukan lagi menjadi penghalang bagi seorang perempuan untuk dapat memiliki anak. Teknik mana yang akan digunakan tergantung dari keputusan Anda


Kenyamanan itu adalah hal yang mutlak diperlukan bagi ibu yang hendak melahirkan. Nah berikut ini ada sepuluh cara untuk mengurangi nyeri persalinan. Antara lain:

 1. Cari Lingkungan yang Menenangkan

Anda harus merasa nyaman berada di ruang persalinan. Seharusnya di ruangan ada area untuk berjalan dan mandi, serta berbagai mebel dan perangkat untuk melakukan gerakan dan mengurangi rasa sakit: CD player, kursi goyang, bola kelahiran, bangku rendah, dan tempat tidur lembut.  Bidan/dokter juga harus memiliki kebijakan yang mendorong Anda untuk mencoba berbagai posisi.

2. Pilih Tim Penolong persalinan Anda dengan hati-hati

Kenali dan cari bidan dan dokter yang pro normal dan mau mendukung Anda untuk mengupayakan p[ersalinan normal. Ketika Anda diperlakukan dengan hormat dan kesabaran,maka semua akan berjalan dengan lancar

3. Pelajari Tentang Proses Persalinan

Cari tahu segala sesuatu yang berhubungan dengan proses persalinan dari buku, majalah, situs Web, video, kelas, tur rumah sakit dan diskusi dengan penyedia layanan kesehatan, bidan, keluarga dan teman. Membiasakan diri dengan prosedur dan kebiasaan di rumah sakit atau pusat layanan pertolongan kelahiran, dan bertanya tentang fleksibilitas. diskusi tersebut sebaiknya dilakukan sebelumnya persalinan. Dengan pengetahuan yang lebih berarti akan lebih sedikit keterkejutan.

Mengerti proses Adalah  Yang utama
4. HIlangkan Ketakutan Anda Secara Cepat

Apakah Anda khawatir tentang rasa sakit, jarum, obat-obatan atau takut kehilangan control saat bersalin?Berbicara lah dengan teman yang berpengetahuan dan terpercaya, bidan atau dokter. Ini dapat menjadi solusi praktis untuk mengatasi ketakutan Anda.

5. Praktek Pernafasan yang berirama

Bernafase penuh dengan irama yang lambat selama kontraksi. melepaskan ketegangan dengan pernafasan perlahan dan sedikit merintih saat melepaskan nafas. Juga mencoba mengambil napas cepat, sekitar 2 sampai 3 detik (20 sampai 30 per menit). Jika Anda kehilangan ritme Anda, Ajak pasangan Anda untuk membantu Anda melakukan nafas berirama lagi, bantu dengan kontak mata, belaian atau gerakan kepala, atau dengan berbicara bersama Anda melalui kontraksi.

6. Gunakan Visualisasi

Fokus pada sesuatu yang membuat Anda bahagia dan senang (seperti wajah pasangan Anda, gambaran inspirasional atau objek favorit) menggunakan dan melibatkan indra Anda dan penurunan rasa sakit. Mendengarkan musik, suara atau rekaman menenangkan gseperti suara gelombang laut, dan bayangkan diri Anda dalam lingkungan yang santai.

7. Mandi shower Air hangat

Mandi hangat sangat menenangkan, terutama jika Anda bisa duduk di bangku dan langsung berada dibawah pancuran dan biarkan air shower menyiram ke perut atau punggung. Mandi di air hangat dapat membuat Anda lebih bersantai, dan bahkan dapat mempercepatproses persalinan.

8. Jalan

Bergerak sebanyak yang Anda bisa. berjalan,ber ayun, memutar panggul dan jongkok berdiri merupakan pisisi yang mampu meningkatkan rasa nyaman da mengurangi rasa sakit

9. Kompres hangat atau Dingin

Tempatkan pak hangat pada perut bagian bawah, pangkal paha, punggung bawah atau bahu selama persalinan. Pak es dingin atau sarung tangan lateks diisi dengan chip es dapat menenangkan dan memperingan keluhan di daerah menyakitkan.kain dingin membuat wajah, dada atau leher berkeringat menjadi lebih segar

10. Nikmati Sentuhan atau pijatan Lembut

Mintalah pasangan atau bidan memegang tanganmu, mengelus pipi atau rambut, atau menepuk lengan atau bahu Anda, sentuhan mengisyaratkan jaminan, perhatian dan pemahaman. Dan dengan sentuhan seorang ibu bersalin merasa didukung dan diberdayakan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar