Kamis, 26 Mei 2011

Tips Merawat Balita/Anak Anda

Anak Anda haruslah dirawat dengan baik. Perawatan itu dilakukan sejak mereka masih bayi. Perawatan yang baik akan menciptakan seorang bayi yang cemerlang. Oleh sebab itu, kita harus pintar-pintar dalam memilih produk perawatan bayi.
Jika kecerdasan adalah kemampuan untuk belajar, maka bayi yang baru lahir bisa disebut genius. Karena, otak bayi memiliki potensi untuk belajar apa saja, dan orang tualah yang berperan penting dalam menentukan berapa banyak dan bagaimana bayi mereka belajar. Setiap orang tua pastinya ingin memiliki bayi pintar dan bayi cemerlang.
Bayi pintar dan bayi cemerlang, didapat karena latihan teratur dari orang tua. Seorang anak akan menguasai keterampilan membaca, menghitung, dan musik, selama mereka mulai belajar pada usia yang cukup muda. Akan tetapi bayi Anda juga harus menghabiskan sebagian waktu senggangnya untuk bermain. Karena bermain juga akan mengembangkan kecerdasan otak anak dalam bersosialisasi. Ingat! Janganlah terlalu memaksakan bayi Anda untuk belajar.
Anak-anak berperilaku baik karena suatu alasan. Begitu juga ketika anak-anak melakukan kenakalan pasti juga karena suatu alasan. Faktanya, setiap perilaku mereka pasti memiliki tujuan. Ini adalah alasan utama mengapa kita tidak bisa mendisiplinkan mereka dengan cara yang sama.
Anak bandel sebagian besar kelakuan buruknya terjadi karena empat hal, seperti: kurangnya perhatian orangtua, kurangnya kekuasaan, dendam, dan kurangnya kepercayaan diri. Sebagian anak-anak merasa bahwa kenakalan adalah cara terbaik untuk mendapatkan perhatian. Seperti membuat gaduh di meja makan yang memaksa setiap orang untuk menghentikan percakapan dan memperhatikan mereka. Beberapa anak bahkan menceritakan tentang semua hal buruk yang mereka lakukan hari itu untuk mendapatkan sedikit perhatian dari orang tuanya.
Orang tua penting sekali untuk terlibat dalam pendidikan anak-anak mereka, termasuk berpartisipasi dalam pendidikan di sekolah.
Mendidik anak agar menurut pada orang tuanya, kadang menjadi hal yang sulit. Anda harus tahu kebutuhan anak-anak akan kebebasan dan keinginan untuk dimengerti. Pastikan Anda mengetahui apa yang anak Anda minta. Berikan kebebasan padanya, tetapi tetap dalam batasan yang menurut Anda aman. Orang tua kadang terlalu over protective terhadap anak-anak mereka, dan hal ini membuat anak-anak tidak bisa memutuskan apa yang sebenarnya mereka inginkan. Kalau kita sudah memahami mereka, mendidik anak tidak lagi menjadi hal yang sulit.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar